©2017 Ohana Indonesia

Program  Kami

Kami menyediakan pelatihan di tempat bagi para DPO (Disabled People Organizations / Organisasi Penyandang Disabilitas) di berbagai bidang yang berbeda. Dari Pemeliharaan kursi roda, Layanan dan Perbaikan, Pelatihan untuk DPO mengenai pentingnya CRDP (Convention on the Rights of Persons with Disabilities / Konvensi Hak-Hak bagi Penyandang Disabilitas) dan SDGs (Sustainable Development Goals / Tujuan Perkembangan Pembangunan).

 

Program layanan kursi roda kami yang komprehensif, dirancang khusus untuk mengembangkan dan memberdayakan Organisasi Penyandang Disabilitas dan membantu mereka mempelajari layanan, perawatan, teknologi dan perawatan roda gigi yang tepat serta untuk mengembangkan proyek mata pencaharian bagi DPO lokal.

 

Tujuan paling utama dan terpenting dari program ini, adalah untuk meciptakan dan membangun toko kursi roda di tingkat lokal, memberikan pengetahuan dan keterampilan pelatihan kerja yang berharga yang dapat dikelola oleh DPO!

1. Program Advokasi tentang CRPD (Konvensi PBB tentang Hak Penyandang Disabilitas) dan SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)

 

Tujuan dari program ini adalah mempromosikan dan advokasi pelaksanaan CRPD/Konvensi PBB tentang Hak Penyandang Disabilitas, yang berkaitan erat dengan Agenda Pembangunan Global 2030/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di tingkat lokal, nasional dan global. OHANA juga bekerja sama dengan Organisasi Pemerintah Indonesia di Indonesia untuk menerapkan dan mengartikulasikan prinsip-prinsip CRPD ke dalam implementasi kebijakan nyata yang melibatkan orang-orang dengan disabilitas dan organisasinya dalam semua aspek pembangunan.

 

Sejak tahun 2013, OHANA telah bekerja dalam koalisi nasional dengan Forum LSM Internasional untuk Pembangunan Indonesia (INFID) untuk mempromosikan Kerangka Kerja Pembangunan Global 2015. Saat ini, disebut sebagai Sustainable Development Goals / Agenda 2030. OHANA adalah salah satu Organisasi Hak Difabel/Penyandang DIsabilitas yang telah mempromosikan CRPD dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs di Indonesia dan di Forum Global seperti forum-forum PBB dan pertemuan international lainnya. Melalui program koalisi nasional ini kami menginisiasi dan mengembangkan Buku Pedoman tentang Implementasi SDG dan CRPD untuk pemerintah daerah dan mulai menyusun Rencana Aksi Nasional CRPD dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs di Indonesia.

 

Di samping itu, kami telah bekerja dengan Human Rights Working Group/HRWG sejak tahun 2016, dalam membuat dan mengirimkan Laporan Periodik Universal/UPR ke UN OHCHR di Jenewa. Kami juga mengembangkan pelatihan untuk DPO lokal dan organisasi lokal lainnya untuk mempelajari Piagam dan Perjanjian Hak Asasi Manusia serta menggunakan konsep pemantauan hak asasi manusia untuk memantau CRPD/Konvensi tentang Hak Difabel dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs.

 

OHANA mengumpulkan sebagian besar anggaran operasionalnya, dari sumbangan dermawan dari DRF/DRAF, OXFAM dan DFAT. Hibah ini telah mendukung program – program Advokasi OHANA Indonesia untuk menjalankan programnya dari tahun 2012 sampai sekarang.

 

2. Advokasi tentang Sistem dan Kebijakan Kursi Roda yang sesuai OHANA mempromosikan praktik penerapan pasal 20 Mobilitas Pribadi yang baik, pasal 25 Kesehatan, dan pasal terkait lainnya dari Konvensi Hak-hak Penyandang Disabilitas (CRPD) di tingkat kabupaten dan propinsi di Indonesia. Kursi roda adalah prasyarat untuk memenuhi kebutuhan orang-orang difabel/penyandang disabilitas dalam mengakses perawatan kesehatan,

pendidikan, pekerjaan dan meningkatkan partisipasi serta keterlibatannya di masyarakat. OHANA Indonesia memprakarsai praktik penerapan pasal 20 CRPD tersebut dengan menginisiasi advokasi system dan kebijakan yang baik melalui training, seating clinic dan monitoring kursi roda. Inisiasi pembuatan sistem ini bertujuan untuk membangun sistem di tingkat lokal; untuk mengedukasi dan untuk mengadvokasi anggaran pemerintah mengenai cara membuat system layanan dan pelatihan kursi roda yang sesuai, termasuk mempromosikan berbagai produk alat bantu jalan (muali dari tipe, model dan ukuran) serta kualitas produknya. Selain itu, untuk memberdayakan para difabel/penyandang disabilitas dan organisasinya (DPO), khususnya untuk belajar perakitan, perbaikan dan pemeliharaan kursi roda. Program ini juga melibatkan DPO lokal untuk mendirikan bengkel kursi roda lokal dengan dukungan pembiayaan dari pemerintah daerah di setiap tingkat kabupaten/kota dalam jangka pendek maupun panjang.

 

Program advokasi OHANA ini adalah sebuah program kolaborasi internasional antara Global Mobility USA, Hope Heaven Guatemala dan USICD (United States International Council on Disabilities) dengan dukungan penuh dari Direct Aid Program (DAP) Kedutaan Besar Australia di Jakarta, dan Perusahaan Pelayaran APL, perusahaan swasta yang mendukung proyek inovasi sosial di seluruh dunia.